
Meja Kantor
Meja kantor pada umumnya harus memiliki beberapa syarat supaya penggunanya nyaman menggunakan meja tersebut, sehat dan aman. Nyaman maksudnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek serta tidak terlalu lebar supaya memudahakan mengambil dari tempat duduk. Sehat dalam artian meja tidak memiliki permukaan yang menyilaukan sehingga jika permukaan meja menyilaikan akan membuat mata rusak. Dan aman dalam artian permukaan meja tidak kasar karena jika permukaan meja kasar bisa membuat tangan tergores.
Meja kantor biasanya terbagi menjadi beberapa, yaitu
a. Meja Staf
Meja staf ini digunakan oleh staft meja ada yang ksusus untuk sedniri ada juga yang terangkai beberapa meja.
Contoh meja staf untuk sendiri
Meja kantor pada umumnya harus memiliki beberapa syarat supaya penggunanya nyaman menggunakan meja tersebut, sehat dan aman. Nyaman maksudnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek serta tidak terlalu lebar supaya memudahakan mengambil dari tempat duduk. Sehat dalam artian meja tidak memiliki permukaan yang menyilaukan sehingga jika permukaan meja menyilaikan akan membuat mata rusak. Dan aman dalam artian permukaan meja tidak kasar karena jika permukaan meja kasar bisa membuat tangan tergores.
Meja kantor biasanya terbagi menjadi beberapa, yaitu
a. Meja Staf
Meja staf ini digunakan oleh staft meja ada yang ksusus untuk sedniri ada juga yang terangkai beberapa meja.
Contoh meja staf untuk sendiri
Contoh Meja staf Yang bersama - sama
Lebih banyak lagi
tenag meja staf silahkan simak disini Meja Staf Minimalis dan Elegan
b. Meja resepsionis
Meja resepsionis ini khusus digunakan untuk resepsionis dalam menerima tamu yang datang. Biasanya letaknya berada paling depan sebuah kantor.
Meja resepsionis ini biasanya tidak hanya berpunsi sebagai meja tapi berpungsi juga sebagai daya tarik dan kewibaan sebuah kantor.
Contoh meja resepsionis
b. Meja resepsionis
Meja resepsionis ini khusus digunakan untuk resepsionis dalam menerima tamu yang datang. Biasanya letaknya berada paling depan sebuah kantor.
Meja resepsionis ini biasanya tidak hanya berpunsi sebagai meja tapi berpungsi juga sebagai daya tarik dan kewibaan sebuah kantor.
Contoh meja resepsionis
c. Meja rapat
Meja rapat adalah meja yang digunakan untuk keperlua rapat. Biasanya ukuran meja lebih besar dari meja staf karena aktfitas rapat biasanya dilakukan bersama.
Contoh meja meeting
2. Kursi Kantor
Kursi kantor terbagi dalam beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kursi Pimpinan
Umumnya ukuran kursi lebih besar, dan lebih empuk. Mungkin tujuannya supaya pimpinan merasanyaman duduk karena harus duduk lama untuk mengecek semua laporan yang masuk.
Contoh
Kursi kantor terbagi dalam beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kursi Pimpinan
Umumnya ukuran kursi lebih besar, dan lebih empuk. Mungkin tujuannya supaya pimpinan merasanyaman duduk karena harus duduk lama untuk mengecek semua laporan yang masuk.
Contoh
1. Tata Ruang Kantor Berkamar (Cubical Type Office)
Tata ruang berkamar adalah tata ruang untuk bekerja yang dipisahkan menggunakan sekat/kamar-kamar. Sekat tersebut dapat terbuat dari kayu maupun tembok atau benda keras lainnya. Tata ruang berkamar juga sering disebut tata ruang tertutup. Keuntungan tata ruang bersekat atau berkamar ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.
Rahasia pekerjaan lebih terjamin, baik dari segi
pembuatan dokumen, pembicaraan maupun aset lainnya yang disimpan seorang
pegawai.
2.
Pekerja menjadi lebih konsentrasi.
3.
Meningkatkan kewibawaan pekerja karena bekerja di
dalam suatu ruangan tersendiri.
4.
Terasa lebih menghargai tamu.
Sedangkan kerugian tata ruang kantor bersekat adalah sebagai
berikut:
1.
Komunikasi antar pegawai menjadi terhambat karena
ada sekat pemisah antara satu pegawai dengan pegawai lainnya.
2.
Biaya yang dikeluarkan untuk membuat tata ruang
berkamar lebih besar ketimbang membuat tata ruang kantor terbuka, karena perlu
membuat sekat-sekat kamar setiap ruangannya.
3.
Membutuhkan ruangan kantor yang lebih luas.
4.
Penggunaan ruangan kurang fleksibel.
2. Tata Ruang Kantor Terbuka
(Open Plan Office)
Tata ruang
kantor terbuka merupakan pengaturan tata ruang kantor dengan menggunakan sebuah
ruangan besar untuk bekerja yang ditempat beberapa orang pegawai. Tata ruang
terbuka memungkinkan komunikasi antar pegawai menjadi lebih lancar, sehingga
mendorong para pegawai lebih komunikatif dan kreatif.
Keuntungan tata ruang kantor
terbuka adalah sebagai berikut:
1.
Fleksibel dalam penggunaan seluruh ruangan serta
tidak memerlukan biaya tinggi.
2.
Mudah melakukan komunikasi antar pegawai.
3.
Pemeliharaan peralatan, pemeliharaan kebersihaan
ruangan, penggunaan peralatan, menjadi lebih mudah, hal ini akan menghemat
biaya perusahaan.
4.
Menghemat penggunaan cahaya penerangan.
5.
Biaya instalasi pertama lebih murah dibanding tata
ruang berkamar.
Sedangkan kerugian tata ruang kantor terbuka adalah sebagai
berikut:
1.
Kegaduhan sering muncul disebabkan komunikasi yang
sangat lancar dan intens.
2.
Konsentrasi pegawai terkadang buyar melihat banyak
orang hilir mudik.
3.
Sulit merahasiakan pekerjaan penting dan bersifat
rahasia.
4.
Pemandangan kurang baik karena tumpukan dokumen
para pegawai menjadi tidak rapi.
5.
Kurang efektif diterapkan bagi pekerjaan yang
membutuhkan konsentrasi tinggi.
3. Tata Ruang Kantor
Berpanorama (Landscape Office)
Tata ruang
kantor berpanorama adalah tata ruang kantor yang dihiasi oleh taman, dekorasi,
dan hiasan lainnya. Bentuk ruangan ini bertujuan agar tampilan kantor menjadi
nyaman selayaknya diluar ruangan.
Keuntungan tata ruang kantor
berpanorama adalah sebagai berikut:
1.
Pegawai merasa nyaman dan betah bekerja di dalam
ruangan.
2.
Pemandangan kantor terlihat segar dan hijau.
3.
Udara menjadi lebih segar, serta suplai oksigen
semakin banyak.
4.
Tidak membutuhkan pencahayaan tinggi karena desain
ini juga menggunakan penerangan dari alam.
5.
Produktivitas kerja meningkat, karena pekerjaan
dilaksanakan dengan efisien.
Sedangkan kerugian tata ruang kantor berpanorama adalah sebagai
berikut:
1.
Biaya pembuatannya tinggi, karena selain membuat
ruangan kantor juga membuat panorama, atau taman dan dekorasi lainnya.
2.
Biaya perawatan menjadi lebih tinggi.
3.
Membutuhkan tenaga ahli dalam perancangan tata
ruang kantor.
4.
Konsentrasi berkurang ketika terjadi sesuatu hal
yang aneh diluar ruangan.
4. Tata Ruang Kantor Gabungan
(Mixed Office)
Tata ruang
kantor gabungan berarti gabungan antara ketiga bentuk tata ruang sebelumnya.
Penggunaan tata ruang kantor ini perlu dipertimbangkan untuk meminimalkan
kerugian dan memanfaatkan keuntungan dari ketiga tata ruang sebelumnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar