LAPORAN KEGIATAN
WIRAUSAHA PENGOLAHAN
MAKANAN INTERNASIONAL
SANDWICH INSECURE
Disusun
oleh :
1.
Alpiyan
2.
Angga Hadiansyah
3.
Muhammad Hidayat
4.
Siti Humaeroh
5.
Suherni
6.
Sulisnia Fauja
7.
Tio Erlangga
Kelas : XII BAHASA 1
SEKOLAH MENENGAH ATAS
NEGERI 8 KABUPATEN TANGERANG
Jl.Siliwangi No.30 Cisoka-Tangerang
15730
Email: delta.tangerang@yahoo.com
TAHUN AJARAN 2022/2023
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. sehingga kami bisa menyelesaikan laporan
kegiatan "wirausaha pengolahan makanan internasional yaitu sandwich"
. Laporan kegiatan wirausaha ini disusun dalam kegiatan Bazar. Meskipun banyak
rintangan yang menghambat dalam proses pengerjaannya, tapi kami dapat
menyelesaikannya dengan baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada :
- Drs. H. Heri Supriyatna, M. Pd
selaku Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kabupaten Tangerang
- Arlinda, S. Pd selaku wali kelas XII BAHASA 1
- Irma Novitasari, S. Kom selaku
penguji, guru pkwu
- Orang tua kami yang telah
memberikan bantuan baik moral maupun material, dan
- Semua pihak yang telah membantu
Kami sangat
berharap laporan kegiatan ini dapat diterima oleh semua pihak. kami juga
menyadari sepenuhnya bahwa di dalam laporan ini terdapat banyak kekurangan. Untuk
itu kami menerima adanya kritik, saran, dan usulan demi perbaikan di masa yang
akan datang.
Semoga laporan
kegiatan ini berguna bagi pembaca dan sebagai bahan pertimbangan dikemudian
hari jika dibutuhkan. Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat
kesalahan dalam penulisan atau yang kurang berkenan dalam penyusunannya.
DAFTAR ISI
Kata pengantar.............................................................................................................................
Daftar isi .....................................................................................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang........................................................................................................................
B. Perumusan masalah.................................................................................................................
C. Tujuan.....................................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian sandwich...............................................................................................................
B. Perencanaan usaha..................................................................................................................
C. Alat dan bahan........................................................................................................................
D. Cara membuat sandwich.........................................................................................................
BAB III RINCIAN BIAYA
A. Biaya variabel.........................................................................................................................
B. Biaya tetap..............................................................................................................................
C. Total biaya..............................................................................................................................
D. Penerimaan kotor....................................................................................................................
E. Pendapatan Bersih...................................................................................................................
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan dan saran.............................................................................................................
B. Lampiran.................................................................................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Pada zaman
globalisasi variasi makanan sudah beragam bentuk dan harga, dari yang bentuk
kecil hingga yang besar dan dari harga yang murah hingga yang mahal. Apalagi di
zaman sekarang masyarakat tidak ingin rugi, masyarakat menginginkan makanan
yang kenyang enak dan harganya terjangkau.
Salah satu makanan
yang kenyang, enak dan harganya terjangkau adalah roti isi (sandwich). Walaupun
roti isi (sandwich) makanan yang sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan
utama bagi masyarakat. Dalam pembuatan roti isi (sandwich) dilakukan dengan
cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higenis serta akan dijual dengan harga
yang sangat terjangkau. Maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat
untuk membelinya.
Keberadaan roti
isi (sandwich) sebagai adalah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat,
pedas, gurih, mengandung protein dan juga lezat. Apalagi roti isi (sandwich)
juga memiliki variasi isian yang beragam tidak hanya roti dengan mentega saja.
Sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner
alternatif di Indonesia.,
Dalam Praktikum
kali ini kelompok kami memilih produk atau makanan “Sandwich insecure” karena
keunikan yang ada pada bentuk makanan ini ada yang berbentuk segi tiga. Bisa
saja makanan ini disebut makanan ringan yang kaya akan karbohidrat karena
terbuat dari roti dan kaya akan vitamin, protein, lemak sehat karena adanya
sayuran,daging dan bahan pelengkap lainnya. Makanan ini bisa kita sebut juga
camilan yang mengenyangkan.
B.
Rumusan masalah :
1.
Apa pengertian sandwich?
2.
Apa saja perencanaan usaha dalam pembuatan sandwich?
3.
Apa saja alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan sandwich?
4.
Bagaimana cara membuat sandwich?
C. Tujuan
1.
Untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha dan
meningkatkan kreativitas yang tinggi.
2.
Untuk memberikan pengalaman berwirausaha
untuk siswa/siswi
3.
Meningkatkan rasa solidaritas siswa/siswi.
4.
Untuk mensosialisasikan kepada para
siswa/siswi supaya tidak malu bekerja dalam dunia bisnis dagang
5.
Memperkenalkan kepada masyarakat luas
bahwa makan sandwich dapat menggantikan makan pagi atau makan siang yang
memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang.
6.
Untuk dimakan pada waktu istirahat pendek.
Di makan pada saat perjalanan dan praktis dibawa kemana-mana.
7.
Menarik konsumen penggemar makanan untuk
beralih kepada makanan sehat dengan pengolahan yang baik.
8.
Menjual produk yang berkualitas dengan
harga terjangkau.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian sandwich
Apakah Anda adalah orang yang rajin sarapan?
Atau justru tidak pernah sarapan karena saking sibuknya beraktivitas? Ada salah
satu makanan yang juga menjadi menu sarapan, brunch bahkan hingga makan siang
yakni sandwich. Sandwich ini cocok juga menjadi bekal dibawa ke sekolah, kampus
atau tempat bekerja. Selain itu sandwich juga terdiri dari komposisi makanan
sehat sehingga sangat baik jika dikonsumsi khususnya jika tidak terlalu lapar.
Sandwich adalah makanan dari berbagai jenis roti, diiris berupa belahan tipis,
diisi dengan bermacam isian serta disajikan sebagai camilan atau makanan bagi
mereka yang memiliki sedikit waktu untuk makan
.Sandwich terdiri
dari roti (bread), olesan (spread), isian (filling) serta hiasan (garnish).
Spread yang baik digunakan untuk sandwich adalah yang lunak, mudah dioles tapi
tidak berair atau basah, contohnya yang sering digunakan yaitu mentega, butter
maupun mayonaise. Sandwich sendiri merupakan makanan yang memiliki berat 160 –
200 gram di setiap porsinya.
B.
Perencanaan Usaha
Produk :
Produk
yang akan dipasarkan adalah sandwich yaitu sebuah makanan siap saji yang bahan
bakunya menggunakan roti tawar dan diberi isian sosis, kornet, telur. Isi dari
sandwich juga menggunakan sayuran segar sepert daun selada juga ditambah mayonaise
dan saus
Kemasan
:
Untuk
kemasan sandwich menggunakan mika
Varian
:
Varian
yang bisa di tawarkan untuk sandwich diantaranya adalah rasa original, rasa
pedas, sandwich isi sayuran atau pun tidak memakai sayuran.
Lokasi
Penjualan :
Lokasi
penjualan yang dipilih adalah lapangan SMAN 8 kab. Tangerang
Cara
Distribusi Produk :
Untuk
mendistribusikan sandwich kepada konsumen bisa dilakukan dengan cara menawarkan
langsung kepada konsumen dengan membuka outlet/stand.
Promosi :
Promosi yang
dilakukan adalah dengan cara memberikan tester langsung kepada konsumen untuk
langsung mencoba sandwich. Juga mempromosikan sandwich dengan cara menyebarkan
brosur atau juga memanfaatkan media social yaitu membuat status whatsapp dan
juga story instagram.
Segmentasi :
Konsumen yang bisa
menikamti sandwich mulai dari kalangan anak – anak hingga kalangan dewasa,
karena sandwich banyak mengandung nilai gizi yang sangat bermanfaat untuk
kesehatan tubuh.
C.
Alat dan bahan
Alat :
- kompor
- Gas
- pisau
- teplon
- sodet
- mangkok
- sendok
- mika
- staples
- sarung tangan
Bahan
: -roti
-margarin
-Sosis
-kornet
-telur
-selada
-mayonaise
-saus tomat
-saus sambel
-penyedap
D.
Cara membuat Sandwich
1.
siapkan 1 potong roti lalu potong menjadi
2 bagian segitiga, setelah itu potong kornet dan sosis.
2.
setelah roti, sosis, kornet di potong,
olesi teplon dengan margarin lalu panggang hingga matang.
3.
siapkan mangkok dan pecahkan telur lalu
beri penyedap, aduk telur setelah itu dadar telur hingga matang
4.
cuci selada hingga bersih
5.
siapkan saos tomat, saos sambel, mayonaise
6.
siapkan 1 bagian roti segitiga lalu diberi
isian sosis, kornet, telur, saos tomat, saos sambel, mayonaise, dan sayuran,
lalu tutup dengan 1 bagian roti segitiga.
7.
sandwich siap dihidangkan
BAB III
RINCIAN BIAYA
A.
Biaya Variabel
Sosis
chop -chop |
30
pcs |
25.000 |
Kornet
ngetop |
4
pcs |
18.000 |
Mayonaise
180 gr |
1
pcs |
10.000 |
Saos
sambel hot |
1
pcs |
14.000 |
Saos
tomat |
1
pcs |
15.000 |
Margarin
Filma |
2
pcs |
15.000 |
Roti |
4
pcs |
40.000 |
Gas |
1
|
22.000 |
Mika
besar |
20
pcs |
5.000 |
Mika
kecil |
185
pcs |
29.000 |
Telur |
15
butir |
19.000 |
Streples |
1 |
11.000 |
Selada |
|
9.000 |
Masako |
4
pcs |
2.000 |
Sarung
tangan |
100
pcs |
10.000 |
Logo |
72
pcs |
16.000 |
|
|
Total
biaya variabel : 260.000 |
B.
Biaya Tetap
Tenaga
kerja = 350. 000(1 orang patungan 50.000
7x50.000=350.000)
|
Sewa
tempat /tenda = 50.000 |
Tenaga
kerja -sewa tempat : 350.000 -50.000= 300.000 |
Jadi
biaya tetap =300.000 |
C.
Total Biaya
Biaya
tetap= 300.000
Biaya
variabel = 260.000
Biaya
tetap - biaya variabel : 300.000-260.000= 40.000
Jadi
sisa modal = 40.000
D.
Penerimaan Kotor
Jumlah
produksi = 84 pcs
Harga
jual = 5.000
Jumlah
produksi x harga jual : 84 x 5 = 420.000
Jadi
penerimaan kotor = 420.000
E.
Pendapatan Bersih
Penerimaan
kotor = 420.000
Sisa
modal = 40.000
Penerimaan
kotor + sisa modal : 420.000+40.000=460.000
Jadi
pendapatan bersih =460.000
Pendapatan
bersih - modal yang keluar : 460.000-310.000 = 150.000
Jadi
untung yang didapat : 150.000
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
dan Saran
Kegiatan seperti
ini sangat berguna bagi para siswa/i
untuk mengembangkan potensi berwirausaha. Dari kegiatan yang
dilaksanakan selama 2 hari(PO dan stand) kami menyimpulkan bahwa kegiatan
bisnis membutuhkan aspek kesabaran dan perjuangan yang tidak mudah, harus bisa
memahami keinginan para konsumen dan melayani dengan sebaik mungkin guna
mendapatkan hasil penjualan yang memuaskan.
Dari kegiatan
bazar yang dilakukan, menurut kami untuk membangun suatu usaha diharuskan
dengan kerja keras, kerja sama, dan tanggung jawab. Dengan adanya kegiatan
bazar ini kita dapat menumbuhkan kerja sama, menumbuhkan rasa kewirausahaan
atau jiwa bisnis siswa/i dan untuk mempertanggungjawabkan atas tugasnya
masing-masing.
Saran yang dapat
kami ajukan adalah untuk mengadakan kembali kegiatan seperti ini dengan sistem
terbuka untuk umum, agar pendapatan yang diperoleh lebih banyak. dan juga
makanan/minuman yang dijual harus lebih variatif bukan ditargetkan untuk
menjual 1 makanan /minuman saja, mengingat kegiatan ini bisa sangat bermanfaat
untuk mengembangkan potensi usaha dikalangan siswa/i
B. Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar